Sosialisasi Sensus Ekonomi 2016 - Berita - Badan Pusat Statistik Kota Bima

Anda pengguna data BPS? Berikan penilaian pelayanan kami dengan mengisi Survei Kebutuhan Data (SKD). Jawaban Anda sangat membantu untuk meningkatkan kualitas pelayanan kami. Terima kasih. 

Sosialisasi Sensus Ekonomi 2016

Sosialisasi Sensus Ekonomi 2016

27 November 2015 | Kegiatan Statistik Lainnya


Sosialisasi Sensus Ekonomi 2016 (SE2016) BPS Kota Bima dilaksanakan hari Jum'at, 27 November 2015. Sosialisasi dibuka oleh Wakil Walikota Bima, H. Arrahman H. Abidin yang menekankan agar SKPD terkait, camat, lurah, beserta seluruh peserta yang hadir dalam sosialisasi SE2016 mendukung suksesnya pelaksanaan SE2016. Selama ini, data yang ada belum akurat sehingga kebijakan yang diambil juga belum terlalu tepat. Untuk itu, diperlukan data yang akurat agar pengambilan kebijakan oleh pemerintah, khususnya Pemerintah Kota Bima lebih tepat sasaran.

Kepala BPS Kota Bima, Drs. Sapirin menyampaikan cakupan pencacahan SE2016, jadwal pelaksanaan SE2016, responden SE2016, dan manfaat dari pelaksanaan SE2016, baik bagi responden yang merupakan pelaku usaha dan bagi pemerintah selaku pengambil kebijakan publik. Selain itu, Kepala BPS juga menjelaskan bahwa hasil SE2016 ini hanya akan disajikan berupa data makro, bukan data per indidu dan pencacahan SE2016 tidak berkaitan dengan pajak.

Mengapa Sensus Ekonomi harus dilakukan?

Setiap keputusan harus diambil berdasarkan informasi yang valid dan akurat. Sensus Ekonomi dilaksanakan untuk mendapatkan informasi potret utuh perekonomian bangsa, sebagai landasan penyusunan kebijakan dan perencanaan pembangunan nasional maupun regional.


Pendataan seluruh sektor usaha secara menyeluruh (selain sektor pertanian) akan mampu menghasilkan gambaran lengkap tentang level dan struktur ekonomi non-pertanian, berikut informasi dasar dan karakteristiknya. Selain itu juga akan diketahui daya saing bisnis di Indonesia, serta penyediaan kebutuhan informasi usaha.


Bagaimana Metode Pendataan Sensus Ekonomi 2016?
  1. Metode listing usaha/Perusahaan:
  2. Pencacahan dilakukan di seluruh wilayah NKRI, mencakup seluruh usaha ekonomi.

  3. Metode Pendataan Karakteristik Usaha Mikro
  4. Pencacahan dilakukan secara sampel berdasarkan frame hasil listing SE2016

  5. Metode Pendataan karakteristik Usaha Menenengah Besar
  6. Dilakukan secara sensus untuk Seluruh usaha/perusahaan dengan skala usaha menengah dan besar

Cakupan SE2016

Seluruh usaha/perusahaan non pertanian: 
  • Di lokasi tetap/permanen (mall, kantor, pasar, dll)
  • Di lokasi tidak tetap (kaki lima, pasar kaget, dll)
  • Usaha keliling
  • Di rumah tangga (warung)
Pelaku usaha: 
  • Pemerintah (sekolah, rumah sakit)
  • Lembaga nonprofit (tempat ibadah, organisasi sosial)
  • Korporasi (perusahaan, restoran, supermarket, hotel)
  • Di rumah tangga (online, sektor nonformal)

Usaha Pada Sektor Apa Saja yang Akan Didata Dalam Sensus Ekonomi 2016?

  • Pertambangan dan penggalian
  • Industri Pengolahan
  • Pengadaan Listrik, gas, uap/air panas dan udara dingin
  • Pengadaan Air, pengelolaan sampah dan daur ulang, pembuanagn dan pembersihan limbah dan sampah
  • Konstruksi
  • Perdagangan besar dan eceran, reparasi dan perawatan mobil motor
  • Transportasi dan pergudangan
  • Penyediaan akomodasi dan penyediaan makan minum
  • Informasi dan komunikasi
  • Jasa keuangan dan asuransi
  • Real estate
  • Jasa profesional, ilmiah dan teknis
  • Jasa persewaan, ketenagakerjaan, agen perjalanan dan penunjang usaha lainnya
  • Jasa pendidikan
  • Jasa kesehatan dan kegiatan sosial
  • Kebudayaan, hiburan, dan rekreasi
  • Kegiatan jasa lainnya
  • Jasa perorangan yang melayani rumah tangga
  • Kegiatan badan dan organisasi internasional

Apa yang Diperoleh Dari Pelaksanaan Sensus Ekonomi 2016?
  • Pemetaan potensi (level) ekonomi menurut wilayah, jenis dan pelaku usaha
  • Benchmarking PDB/PDRB, ketenagakerjaan, dan lain-lain
  • Tersedianya sampling frame untuk berbagai kegiatan survei bidang ekonomi (Survei Harga, Survei Produksi, Survei Distribusi, Survei Jasa, Survei Khusu/adhoc, dsb)
  • Terbangunnya basis data dan benchmark Updating Integrated Business Register (IBR)
  • Karakteristik usaha menurut skala usaha
  • Karakteristik usaha (unik): franchise, e-commerce online business, multilevel marketing, dll.
  • Pemetaan daya saing bisnis menurut wilayah
  • Tinjauan prospek bisnis dan perencanaan investasi di Indonesia

Makna Logo SE2016

  1. Bentuk Dasar Segi Enam, Melambangkan Sensus Ekonomi dilaksanakan setiap 10 tahun pada tahun dengan digit akhir 6
  2. Tulisan Sensus Ekonomi disingkat SE, Menunjukkan nama kegiatan
  3. Tulisan 2016, menunjukkan tahun pelaksanaan kegiatan utama
  4. Warna Oranye, Bermakna kegiatan ekonomi yang semarak. Sebuah antusiasme menyambut hajatan besar sepuluh tahunan dalam bidang ekonomi dan diharapkan dapat dirasakan oleh seluruh masyarakat Indonesia.
  5. Warna kuning, untuk menarik perhatian setiap orang yang melihat dan mudah diingat.
  6. Warna hitam, melambangkan kekuatan dan determinasi untuk menghasilkan data statistik idang ekonomi yang sangat beragam, hasil dari penyusunan dengan metodologi terkini dan memperhatikan berbagai masukan sehingga hasilnya menjadi data statistik ekonomi Indonesia untuk dasar perencanaan dan evaluasi kebijakan pemerintah, pengusaha, dan masyarakat
  7. Warna merah, menggambarkan semangat untuk menghasilkan data akurat dan terpercata melalui pelaksanaan SE2016

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik Kota Bima (Statistics Indonesia Bima City) Jl. Soekarno Hatta no.14 Kota Bima 84113 NTB

Telp/Faks (0374) 6647460

Mailbox : bps5272@bps.go.id

logo_footer

Tentang Kami

Manual

S&K

Daftar Tautan

Hak Cipta © 2023 Badan Pusat Statistik